jasa web seo

Apa Mungkin Reksadana Bisa Bangkrut

Apa Reksadana bisa bangkrut?  Bisa. Namun jangan khawatir, pemodal mempunyai perlindungan melalui regulator yang mengharuskan pengelola mengembalikkan dana punya pemodal bila Reksadana bubar. Pertanyaan tentang bisa tidak Reksadana bangkrut dikemukakan salah satu audien blog ini. Dia sangat khawatir melihat harga Reksadana jatuh di pasar.

Ditengah kemerosotan ekonomi, turunnya nilai saham didalam bursa dan peningkatan kurs dollar, performa Reksadana terkena imbasnya.

Contohnya, Reksadana Saham mencatatkan kinerja terburuk. Dalam kisaran kinerja jenis itu -9,55% Januari-Juni 2015. Return itu sedikit buruk daripada performa IHSG, yang -6,05% di periode yang tidak beda. Cuma, Reksadana Pendapatan Tetap serta Reksadana Pasar Uang tetap membukukan performa positif, walau imbal hasilnya relatif mini. Problem yang muncul, apa Reksadana hanya bangkrut. Saat bangkrut, apa implikasinya untuk investor. Menjelang jawab, kita harus paham dulu seperti apa cara kerjanya.

Cara Reksadana

Reksadana menanamkan dana kedalam instrumen investasi. Keuntungannya disepakati oleh performa investasi yang dibeli bagi Reksadana itu. Misalnya, Reksadana Saham berinvestasi secara beli saham dari Bursa Efek Indonesia. Bila harga saham melejit, nilai investasi didalam Reksadana turut naik. Bila saham anjlok, nilai investasi turut turun. So!, nilai Reksadana tergantung pada bagaimana naik turunnya nilai instrumen yang dibeli.

Berbasis pada cara kerja tadi, apa Reksadana bisa bangkrut? Serasi ketentuan OJK yang tercantum didalam Prospektus, yang harus Anda baca saat berinvestasi Reksadana, ialah:

Aset Dibawah Rp 25 Miliuar, Wajib Dibubarkan

Sesuai peraturan Otoritas Jasa Keuangan, Total Nilai Aktiva Bersih Reksadana tak lebih dari Rp. 25 miliyar sepanjang 90 Hari Bursa berturut-turut. Harga Aktiva Bersih biasanya ialah nilai investasi Reksadana. Bila harga saham makin merosot, lalu nilai NAB Reksadana Saham bakal ikut turun, yang dapat berujung terhadap pembubaran bila nilanya sampai kepada batasan tadi.

Mengapa ketika nilai aset dibawah 25 miliyar wajib bubar? Terdapatnya batasan aset ini menjaga bahwa pemilik modal tetap bisa me-recover separuh nilai investasinya. Sebab saat diputuskan bubar, management Reksadana harus menjual aset lalu membagikan hasil penjualan itu ke semua pemilik modal. Bila tak ada batasan ini, mungkin nilai aset sudah Merosot drastis atau barangkali sudah nol nilainya, barulah Reksadana dibubarkan hingga tak ada sisa aset yang dapat dibagi ke setiap pemilik modal. Aturan ini mau memastikan jika pemegang unit Reksadana tetap bisa mendapat separuh dananya walaupun kinerja investasi ngedrop.

Pihak Pengelolah Siap Membubarkan

Pengelola Reksadana, yakni Manajer Investasi serta Bank Kustodian, diperkenankan tuk sepakat menjalankan pembubaran Reksadana. Tuk ini, pengelola wajib menyiarkan alasannya lalu kondisi keuangan kepada pihak regulator, yakni OJK. Pengelola musti bisa menyakinkan alasan mengapa Reksadana dibubarkan.

Nasib Pemilik Dana

Bagaimana nasib penyandang unit bila Reksadana dibubarkan? Jadi ketika dibubarkan, NAB Reksadana bakal dijual, hasilnya dibagi pada setiap investor Reksadana. Manager Investasi harus memastikan jika hasil dari pembubaran Reksadana musti dibagi dengan proporsional berdasarkan komposisi total Unit Penyertaan yang dipunya oleh tiap-tiap Pemegang Unit Penyertaan.

Tanggungan biaya pembubaran serta likuidasi Reksadana, tergolong tarif Konsultan Hukum, Akuntan serta beban lainnya pada pihak ketiga jadi tanggung jawab lalu harus dibayar Manager Investasi pada pihak-pihak bersangkutan.

Banyak orang bilang jika bermain reksadana itu seperti bermain judi sebab semuanya tidak pasti. Hal demikian itu mungkin ada benarnya juga so buat kamu yang ingin bermain reksadana harap memikirkan sejumlah aspek yang mungkin saja akan bisa menjadi masalah buat kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.